Powered By Blogger

Monday, September 20, 2010

Materi 3 kelas 10

D. Prosedur Penggunaan Komputer
      Bagaimanakah prosedur yang baik untuk menggunakan komputer? Kita bagi dulu prosedur penggunaan komputer menjadi 3 bagian, yaitu prosedur mengaktifkan/menghidupkan komputer, prosedur menjalankan apliklasi, dan prosedur mematikan komputer. Dalam hal ini, komputer yang akan kita gunakan harus sudah berisi operating sistem (yang akan kita gunakan dan kita bahas dalam buku ini adalah MS Windows XP).

1.      Prosedur Mengaktifkan Komputer
1.      Mengaktifkan Komputer
Langkah-langlah untuk menghidupkan komputer dengan benar adalah sebagai berikut .
a.       Periksa kondisi  semua peralatan komputer dalam keadaan telah siap.
b.      Kemudian , kosongkan disk drive (tidak terisi disket di dalamnya).
c.       Lanjutkan dengan menekan tombol Power pada komputer Anda, kemudian tunggu sampai proses booting selesai.
2.      Mematikan Komputer dengan Benar
Apabila  anda telah selesai menggunakan komputer, sebaiknya anda mematikan dan  dalam mematikan komputer ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menjaga agar komputer tidak mengalami gangguan pada piranti lunak maupun peranti  keras. Pada sistem Operasi Windows 98,Windows ME, Windows XP didalamnya terdapat piranti lunak untuk mematikan komputer dengan benar. Adapun piranti keras yang paling rawan mengalami kerusakan terhadap pemadaman yang mendadak atau tidak melalui prosedur yang benar adalah hardisk dan  hilangnya file-file sistem sehingga berakibat tidak dapat menjalankan sistem operasi seperti system Himem.sys.
Langkah-langkah untuk mematikan komputer pada sistem operasi windows 98 adalah sebagai berikut
a.       Pada tampilan desktop Windows , klik Start pada Taskbar
b.      Kemudian Pilih Shut Down, kemudian komputer akan menampilkan kotak dialog  Shut Down 
c.       Anda pilih Shut Down lalu klik OK
d.      Tunggu sampai komputer menampilkan tulisan  It’s now safe turn off your computer.
e.       Matikan komputer dengan menekan tombol Power. Pada beberapa jenis komputer, tidak perlu menekan tombol Power untuk mematikan karena komputer akan mati secara otomatis setelah Anda memilih Shut Down dan mengklik OK jenis ini terdapat pada PC yang menggunakan power Supply nya ATX.
 Dan perlua anda  ketahui pada sistim operasi Windows, terdapat cara-cara tertentu untuk mematikan, me-restart dan melakukan stand-by komputer. Merestar adalah memulai komputer kembali dari awal, fungsinya hampir sama dengan Shut Down atau Turn Off,  tetapi untuk Restart, komputer dalam keadaan hidup hanya  sistem akan berjalan dari awal  seperti anda pertama menghidupkan komputer adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
  1. Klik pada tombol Start.
  2. Klik pada Shutdown yang akan diikuti oleh tampilnya kotak dialog Shut Down Windows.
  3. Pilihlah Shut Down untuk mematikan komputer anda atau  Re-Start untuk me-restart komputer anda.
  4. Kemudian Klik OK.

3. Melakukan Stand-By
Ketika komputer berada pada kondisi Stand-by, maka komputer hanya memerlukan energi listrik yang lebih sedikit, dan dapat di nyalakan kembali secara cepat. Langkah – langkah nya adalah sebagai berikut
  1. Klik pada tombol Start. Yang akan diikuti oleh tampilnya menu Start.
  2.  Klik pada Shutdown yang akan diikuti oleh tampilnya kotak dialog Shut Down Windows.
  3. Pilihlah Stand-by Mode lalu Klik OK.
Mungkin anda ada kalanya waktu sedang  bekerja dengan suatu program, program tersebut tidak berfungsi dengan seharusnya sehingga tidak menerima perintah-perintah dari anda sebagai pemakai. Dalam keadaan ini dikatakan bahwa program itu belum baru menyelesaikan intruksi-intruksi sebelumnya dan  atau biasa disebut dengan istilah “Hang”. Pada umumnya tidak ada cara untuk memperbaiki program yang “Hang”, tetapi anda dapat mematikan program tersebut secara paksa, dengan langkah – langkah sebagai berikut :
a. Tekanlah tombol keyboard Ctrl+Alt+Del secara bersamaan dan lepaskan secara   bersamaan pula.
Akan muncul kotak dialog sebagai berikut :
     Gambar 1.4. Kotak dialog dari Windows Task Manager

Apabila anda lihat gambar diatas, pada kolom Status semua program dalam keadaan Running, yang berarti bekerja dengan baik. Akan tetapi, apabila terdapat program yang “Hang”, status program tersebut akan tertulis Not Responding.
      Untuk mematikan program tersebut, pilihlah program tersebut lalu klik tombol “End Task”.
b.  Sebuah program yang “Hang”, kadang kala menyebabkan seluruh komputer tidak berjalan, meskipun sudah ditekan Ctrl+Alt+Del, kotak dialog diatas tetap tidak muncul. Apabila terjadi kondisi ini, maka satu-satunya cara untuk mengatasinya ialah dengan cara mematikan komputer kemudian menghidupkan kembali beberapa saat kemudian..
Perawatan secara berkala terhadap komputer anda, perlu dilakukan untuk menjaga agar   komputer tetap berfungsi sebagaimana anda harapkan.   Menjaga kebersihan komputer merupakan salah satu bagian perawatan penting terhadap komputer anda. Untuk membersihkan bagian luar dari komputer, bisa menggunakan cairan pembersih khusus untuk komputer atau dengan kain lap.
Sedangkan pada bagian dalam komputer, apabila terlalu banyak debu yang menempel, maka perlu dibersihkan dengan menggunakan kuas yang berukuran kecil dan halus agar dapat masuk ke bagian yang sempit.
Casing komputer dijaga untuk selalu menutup dengan baik jangan sampai ada hewan yang masuk misalnya tikus atau hewan jenis serangga lainnya. Karena hal ini tentunya dapat berakibat buruk terhadap komponen elektronika yang ada didalam computer anda.  Selain itu casing yang terbuka akan membuat debu mudah masuk sehingga dapat mengotori perangkat-perangkat yang ada didalamnya.

Apakah akibatnya jika anda tidak melakukan proses shut down sesuai prosedur? Jika anda mematikann komputer sembarangan, misalnya setelah selesai menggunakan aplikasi tertentu kita langsung mencabut kabel listrik sehingga seketika mati, ada beberapa kerugian yang mungkin kita alami. Kerugian-kerugian itu diantaranya adalah:
a.       Kemungkinan ada file di komputer anda yang rusak,
b.      Harddisk di komputer kita akan cepat rusak, dan
c.       Kemungkinan sofware di komputer kita tak lagi berjalan normal.
Hal ini tentu saja kerugian-kerugian tersebut akan terakumulasi jika anda sering mematikan komputer tanpa mematuhi prosedur yang baik. Jika hanya sekali atau dua kali terjadi, mungkin belum akan terasa efeknya. Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu mematuhi prosedur penggunaan komputer yang benar.

Seringnya listrik mati pada saat komputer kita gunakan juga memiliki akibat yang sama seperti mematikan komputer tak sesuai prosedur. Oleh karena itu, sangat disarankan penggunaan stabilizer yang mampu menyimpan listrik dalam waktu tertentu sehingga jika listrik tiba-tiba mati, kita masih memiliki tenggang waktu untuk menutup/menyimpan dokumen aplikasi kita dan melakukan shut down komputer kita sesuai prosedur. Namun, stabilizer dengan kemampuan menyimpan listrik tersebut harganya relatif mahal. Jika listrik yang kita gunakan cukup stabil dan bagus (tidak sering mati), stabilizer biasa pun sudah cukup.

No comments:

Post a Comment