Powered By Blogger

Monday, September 20, 2010

MATERI 2 KELAS 10

B. Perangkat Lunak Komputer (Software)
Setelah anda mengenal Perangkat Keras pada sub bab diatas marilah sekarang kita bahas tentang Perangkat Lunak, Apakah yang disebut dengan perangkat Lunak atau software? Perangkat lunak komputer atau software merupakan kumpulan perintah (program) yang dieksekusi oleh mesin (komputer) untuk melakukan jenis pekerjaan. Berdasarkan sifat dan fungsinya, software dapat digolongkan menjadi 3, yaitu operating system (system operasi), application software (program aplikasi), dan programming language (bahasa pemrogaman).
1.   Sistem Operasi (Operating System)
Apakah anda faham yang disebut Sistem Operasi?, Sofware Sistem operasi bersama BIOS  merupakan software yang mengatur dan mengendalikan perangkat keras komputer. Sistem operasi akan menyiapkan komputer agar siap digunakan untuk menjalankan software aplikasi, programming,multimedia  dan lain-lain.
Perkembangan perangkat keras juga mempengaruhi perkembangan perangkat lunak sehingga dalam sejarah komputer, terdapat beberapa sistem operasi yang berkembang, diantaranya adalah MS DOS (Disk Operating System), MS Windows, UNIX, LINUX, dan Mac OS (sistem operasi untuk komputer Apple). Dari sekian banyak system operasi tersebut yang paling banyak digunakan oleh pengguna adalah MS Windows yang dirilis oleh Microsoft Corporation walaupun harga untuk sebuah Sistem Operasi ini relative masih mahal. Perkembangan  system operasi MS Windows mengalami beberapa peningkatan versi dari MS Windows 3.1 (sekitar tahun 1990-an) hingga sekarang ini muncul versi terbarunya yaitu MS Windows Vista (2007), dari peningkatan versi satu ke versi yang lain merupakan penyempurnaan fasilitas dan kinerja dari windows itu sendiri.
      Beberapa solusi dalam dunia computer terutama untuk mengatasi mahalnya harga Sistem operasi windows berkembang system operasi Linux yang bersifat open source dan relative murah bahkan benar-benar gratis untuk memperolehnya.
 


1.      Program Aplikasi
     Program aplikasi merupakan perangkat lunak siap pakai untuk  menyelesaikan masalah atau jenis pekerjaan tertentu. Program aplikasi ini dapat berjalan di lingkungan system operasi tertentu apakah itu windows, linux maupun system operasi yang lain. Program aplikasi dapat dikelompokkan menjadi beberapa kategori berdasrkan fungsi dan tujuan pembuatannya. Kelompok aplikasi di antaranya meliputi : word processor, spreadsheet, graphic, database, presentasi, browser, serta tool & utility, multimedia.
a.. Word Processor (Pengolah Kata)
            Word Processor merupakan program aplikasi untuk menyelesaikan jenis pekerjaan yang berkaitan dengan  pengolahan teks dan pemformatan untuk pencetakan. Contoh Word processor adalah Wordstar, Wordpad, Word Perfect, dan Ms Word.
      b. Spreadsheet (Pengolah Angka)
            Spreadsheet merupakan program aplikasi untuk menyelesaikan jenis pekerjaan yang berkaitan dengan angka dan pemformatan untuk pencetakan. Contoh aplikasi pengolah angka adalah Lotus 1-2-3 dan Ms Excel. Untuk pengolah angka khusus statistic dapat digunakan program aplikasi khusus, seperti Microstat  atau SPSS dan masih ada beberapa software yang lain untuk mengolah statistic.
      c. Program Aplikasi Grafis
            Program aplikasi grafis (graphic software) digunakan untuk membuat ataupun mengolah gambar dan desain. Pengolahan grafis dapat berupa perbaikan kualitas gambar, pemberian efek, maupun filter. Beberapa contoh program aplikasi grafis yang mendukung system operasi windows adalah Adobe Photoshop, Corel Draw, Corel Photopaint, Windows, Paing, Macromedia Freehand, adobe Illustrator, dan AutoCad.
      d. Program Aplikasi Database.
            Database merupakan sekumpulan data yang memiliki susunan tertentu sehingga mudah diakses. Program aplikasi database memungkinkan pembuatan database yang memudahkan pengaksesan data sehingga dapat menghemat waktu (karena dapat menemukan data tertentu dengan cepat) dan hemat tenaga (karena cukup meminta computer mencari data, tak perlu membongkar lemari arsip atau berkas). Beberapa contoh aplikasi database adalah Visual Dbase, Visual Foxpro,Visual  Clipper, dan MS Acces yang merupakan kelompok dari Ms. Office.
e. Program Presentasi
            Program presentasi merupakan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk mengolah dan menampilkan materi presentasi. Salah satu aplikasi presentasi yang sangat terkenal adalah MS Power Point. Tetapi dalam membuat presentasi selain anda menggunakan Ms. Power Point yang sudah sangat popular anda juga dapat menggunakan software yang lain misalnya : Macromedia Flash, Auto Play dan lain-lain.
f. Browser
            Browser merupakan program aplikasi yang digunakan untuk mengakses/menjelajahi halaman web di internet atau dengan istilah browsing. Ada beberapa browser yang sering digunakan, seperti Internet Explorer, Opera dan Mozilla Firefox, dari masing-masing software browser tersebut mempunyai sifat yang berbeda-beda walaupun saat ini banyak orang menggunakan software Internet Explorer untuk berinternet atau browsing tetapi tidak berarti software ini lebih unggul.

g. Tool & Utility
            Yang dimaksud software kategori tool & utility disini adalah program aplikasi yang dimaksudkan untuk meningkatkan kinerja computer seperti : pengorganisasi file, konversi file, manajemen memori, dan peningkatan keamanan file. Aplikasi yang termasuk dalam kategori ini misalnya defrag, scandisk, software konversi file teks ke pdf, kalkulator, dan antivirus. Program aplikasi multimedia untuk memainkan musik , merekam dan mengolah audio/video dapat juga dimasukkan dalam kategori ini.
Untuk keaman file, kita dapat menggunakan program Antivirus. Ada banyak software antivirus, diantaranya dalah Mc Affee, Symantec, Kapersky, AVG, dan PC Media. Oleh karena virus-virus baru selalu bermunculan, anda perlu juga memperbaharui antivirus atau lebih dikenal dengan aktifitas update anti virus dan sebaiknya dilakukan  secara berakala.


3.   Bahasa Pemrogaman
Untuk membuat sebuah aplikasi diperlukan software yang mendukung untuk menyusun perintah secara terstruktur, software ini disebut dengan software bahasa pemrograman. Software sistem operasi maupun software aplikasi dibuat menggunakan software bahasa pemrogaman. Berdasarkan kemudahannya dipahami oleh manusia, bahasa pemrogaman dibagi menjadi dua, yaitu bahasa pemrogaman tingkat dasar dan bahasa pemrogaman tingkat lanjut atau tinggi.
      Bahasa pemrogaman tingkat dasar lebih  sulit dipelajari daripada bahasa pemrogaman tingkat tinggi karena cara penulisan perintahnya berupa kode-kode dan simbol tertentu yang sulit dipahami oleh orang awam karena itu bahasa mening. Sebaliknya, bahasa pemrogaman tingkat tinggi lebih mudah dipelajari karena penulisan perintahnya menggunakan kosa kata yang terdapat dalam bahasa sehari-hari (meskipun bahasa inggris/asing).
Contoh bahasa pemrogaman tingkat dasar  adalah bahasa mesin (machine language) dan bahasa Assembly, sedangkan contoh bahasa pemrogaman tingkat tinggi adalah bahasa BASIC, FORTRAN, COBOL, PASCAL, C++, dan DELPHI. Selain contoh-contoh tersebut, masih banyak lagi bahasa pemrogaman yang lain.
      Selain berdasarkan tingkat kesulitannya untuk dipahami manusia, software bahasa pemrogaman juga dibagi menjadi bahasa pemrogaman prosedural (procedural language) dan bahasa pemrogaman berorientasi objek (Object Oriented Programming language). Yang termasuk software bahasa pemrogaman prosedural contohnya adalah bahasa Pascal dan BASIC, sedangkan contoh software bahasa pemrogaman berorientasi objek adalah software bahasa C++ yang merupakan bahasa pemrograman untuk membuat program-program aplikasi yang beredar sekarang.

 <-- MORE -->

No comments:

Post a Comment