Powered By Blogger

Thursday, September 23, 2010

materi 1 Kelas 11

Standar Kompetensi             :
1. Menggunakan internet untuk keperluan informasi dan komunikasi

 1.          KOMPETENSI DASAR
1. Menggunakan internet untuk keperluan informasi dan komunikasi

 2.      INDIKATOR

2.1  Mendeskripsikan Jaringan Komputer
2.2  Mendeskripsikan fungsi  perangkat keras yang digunakan untuk akses internet


MATERI

A.    JARINGAN KOMPUTER

Secara umum jaringan komputer dibagi atas lima jenis, yaitu

1. Local Area Network (LAN)
Local Area Network (LAN), merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer. LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam kantor suatu perusahaan atau pabrik-pabrik untuk memakai bersama sumberdaya (resouce,misalnya printer) dan saling bertukar informasi.

2. Metropolitan Area Network (MAN)
Metropolitan Area Network (MAN), pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau juga sebuah kota dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. MAN mampu menunjang data dan suara, bahkan dapat berhubungan dengan jaringan
televisi kabel.

3. Wide Area Network (WAN)
Wide Area Network (WAN), jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas, seringkali mencakup sebuah negara bahkan benua. WAN terdiri dari kumpulan mesinmesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program (aplikasi) pemakai.


4. Internet
Sebenarnya terdapat banyak jaringan didunia ini, seringkali menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak yang berbeda-beda . Orang yang terhubung ke jaringan sering berharap untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain yang terhubung ke jaringan lainnya. Keinginan seperti ini memerlukan hubungan antar jaringan yang
seringkali tidak kampatibel dan berbeda. Biasanya untuk melakukan hal ini diperlukan sebuah mesin yang disebut gateway guna melakukan hubungan dan melaksanakan terjemahan yang diperlukan, baik perangkat keras maupun perangkat lunaknya. Kumpulan jaringan yang terinterkoneksi inilah yang disebut dengan internet.



5. Jaringan Tanpa Kabel
Jaringan tanpa kabel merupakan suatu solusi terhadap komukasi yang tidak bisa dilakukan dengan jaringan yang menggunakan kabel. Misalnya orang yang ingin mendapat informasi atau melakukan komunikasi walaupun sedang berada diatas mobil atau pesawat terbang, maka mutlak jaringan tanpa kabel diperlukan karena koneksi kabel tidaklah mungkin dibuat di dalam mobil atau pesawat. Saat ini jaringan tanpa kabel sudah marak digunakan dengan memanfaatkan jasa satelit dan mampu memberikan kecepatan akses yang lebih cepat dibandingkan dengan jaringan yang menggunakan kabel.


B.  Perangkat  Keras untuk Akses Internet
Pada materi II Anda  telah mempelajari bagaimana sistem koneksi komputer dapat saling berkomunikasi. Anda  telah dapat membedakan jaringan lokal, metropolitan, dan regional. Pada  materi 3 ini dibahas perangkat untuk dapat terhubung ke internet. Sebuah komputer membutuhkan beberapa persyaratan tambahan yang harus di penuhi agar ia dapat terhubung dengan internet. Berikut ini beberapa perangkat dasar yang diperlukan.

1.     Modem
Modem merupakan alat yang menghubungkan komputer Anda  dengan saluran telepon dan internet. Modem adalah singkatan dari modulator demodulator. Modem berfungsi untuk mengubah sebuah sinyal digital menjadi sinyal analog (sinyal suara) dan mengubah kembali sinyal analog (sinyal suara) menjadi sinyal digital. Bagaimana peoses pengiriman data tersebut ? Ketika komputer Anda  mengirim data  digital ke internet, modem akan mengubah sinyal digital tersebut menjadi sinyal suara sehingga sinyal tersebut dapat dilewatkan melalui kabel telepon. Ketika data ada pada penerima, modem akan mengubah sinyal suara dari kabel telepon menjadi sinyal digital yang dapat dibaca oleh komputer.




Dengan demikian modem membuat komputer dapat berkomunikasi melalui kabel telepon. Kecepatan modem mentransfer data diukur dengan satuan bits per second (bps)/bit perdetik.  
            Ada dua jenis modem yang terdapat di pasaran: modem internal dan eksternal. Modem internal adalah modem yang dipasang langsung di mainboard komputer, sedangkan modem eksternal adalah modem yang terpisah dengan komputer.  Modem eksternal dihubungkan ke komputer dengan mengunakan kabel.

2. Line  Telepon
Jaringan telepon merupakan salah satu prasyarat untuk terhubung ke internet  kareana jaringan telepon digunakan untuk meneruskan sinyal dari modem. Dengan demikian Anda  dapat  terhubung ke internet  apabila Anda  memiliki komputer, modem, line telepon dan mendaftar pada sebuah perusahan penyedia jasa layanan internet  (Internet  Service Provider atau ISP) serta menginstalasi perangkat lunak yang diperlukan. Bagaimana mempersiapkan perangkat keras dan perangkat lunak di komputer Anda  agar dapat  dihubungkan ke internet? Berikut ini Anda  akan pelajari bagaimana membangun koneksi internet .

3. Perangkat Lunak untuk Akses Internet
         Apakah perangkat keras dapat berfungsi dengan sendirinya? Seperti telah Anda  pahami bahwa untuk mengoperasikan perangkat diperlukan perangkat lunak. Demikian pula perangkat untuk sistem internet  diperlukan perangkat keras dan perangkat lunak. Setelah Anda  menyiapkan perangkat keras untuk koneksi ke internet, selanjutnya Anda  siapkan pula perangkat lunak untuk mendukung aplikasi-aplikasi yang ada di internet.  Perangkat lunak yang Anda  perlukan untuk mendukung aplikasi internet bermacam-macam jenis tergantung pada aplikasi internet  yang ingin Anda  gunakan. Untuk keperluan menjelajahi internet, Anda  memerlukan perangkat lunak browser. Untuk keperluan chatting Anda  perlu menginstalasi perangkat lunak untuk chatting seperti Mirc. Browser merupakan perangkat lunak yang paling penting disiapkan. Salah satu browser yang banyak digunakan adalah Internet  Explorer. Perangkat lunak internet  explorer sudah tersedia di komputer Anda  jika Anda  menggunakan sistem operasi windows. Yang lainnya seperti netscape navigator misalnya, maka Anda  harus menginstalasi sendiri.
            Pada materi I Anda  telah mempelajari beberapa aplikasi internet  yang dapat Anda  manfaatkan. Masing-masing aplikasi internet  tersebut dapat dijalankan apabila komputer yang Anda  gunakan mempunyai perangkat lunak untuk menjalankan aplikasi tersebut. Perangkat lunak apa saja untuk menjalankan apliaksi internet  itu? Berikut ini beberapa perangkat lunak untuk mengoperasikan aplikasi internet .
(1)   Microsotf internet  explorer dan netscafe navigator adalah perangkat lunak browser yang digunakan untuk mengakses web   atau WWW.
(2)   Cute FTP, Go!Zilla dan WSFTP adalah perangkat lunak untuk menjalankan aplikasi FTP.
(3)   Mirc, Yahoo Massenger atau ICQ adalah program untuk menjalankan chatting.
(4)   Outlook Express adalah perangkat lunak untuk aplikasi e-mail .



No comments:

Post a Comment